Ekonomi API (Application Programming Interface)
- Ekonomi API (Application Programming Interface)
API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah,
fungsi, serta protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat
membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API
memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi.
Dalam contoh sederhana, dibutuhkan setidaknya ribuan system calls
per detik. Oleh karena itu Kebanyakan programmer membuat aplikasi dengan
menggunakan Application Programming Interface (API). Dalam API itu
terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang
digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan
mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan
API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan sistem
operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system calls sama
dengan nama di API.
API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh
program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi atau program
pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS) atau
komunikasi protocol. API diimplementasikan dengan menulis fungsi
panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang
diperlukan untuk meminta layanan program. Pada dasarnya, program API
mendefinisikan cara yang tepat bagi developer untuk meminta layanan dari
program itu.
Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah:
- Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan. Didalam Ekonomi API kita juga mengenal System Call Interface.
API sendiri memungkinkan pelaku bisnis untuk memberikan layanan
mereka di mana saja, terutama dalam layanan jual-beli online, dimana
pelaku bisnis bisa menempatkan antarmuka untuk interaksi bisnis di
berbagai situs web (bahkan situs web pihak ketiga sekalipun) secara
fleksibel. Sehingga ini menciptakan fleksibilitas yang sangat tinggi,
dan konsumen dapat berinteraksi dengan pelaku bisnis tanpa terbatasi
oleh waktu maupun ruang dan tempat. Di samping itu, penggunaan API juga
menguntungkan pemilik dari situs web pihak ketiga yang bekerjasama
dengan pelaku bisnis yang menyediakan API tersebut, karena jumlah
pengunjung situs web tersebut semakin bertambah, dan situs web pihak
ketiga tersebut menjadi terkenal karena kerjasamanya dengan pelaku
bisnis yang memiliki nama di sektor bisnis online. Tentunya ini
merupakan salah satu wujud dari simbiosis mutualisme dalam dunia SI dan
TI.
- Pemasaran Dimensi
Pemasaran berbasis dimensional (dimensional marketing) merupakan
pembaruan dari konsep pemasaran yang diperbarui untuk era digital, namun
pada dasarnya pemasaran dimensi dibutuhkan untuk mendapatkan konsumen
di tengah semakin derasnya arus informasi pada era digital. Ada 4 buah
dimensi yang didefinisikan dalam teknik pemasaran ini, yaitu :
- Keterlibatan konsumen
- Konektivitas
- Informasi
- Teknologi generasi lanjut
Pemasaran melalui dimensi pertama (yaitu keterlibatan konsumen)
dilakukan oleh pelaku bisnis dengan cara memberikan sebuah pengalaman
yang bersifat pribadi, kontekstual dan real-time kepada konsumen. Ini
adalah suatu hal yang sangat penting dalam menjaring konsumen di era
digital, karena di masa depan semua interaksi bisnis didasarkan pada
pengalaman dari konsumen dalam berbagai interaksi bisnis yang mereka
lakukan dengan para pelaku bisnis yang mereka hadapi.
Sedangkan dimensi kedua (konektivitas) berbasis pada prinsip untuk
menciptakan sebuah hubungan erat antara pelaku bisnis dan konsumen yang
berbasis pemahaman terhadap keinginan konsumen. Pentingnya konektivitas
dalam pemasaran berbasis dimensional disebabkan oleh fakta bahwa semakin
banyak saluran yang dipergunakan oleh pelaku bisnis dalam usaha untuk
memasarkan produknya, maka konsumen dapat dilayani kapan saja dan dimana
saja, sehingga ini berakibat pada kepedulian konsumen terhadap produk
(bahkan merek) yang ditawarkan oleh pelaku bisnis, yang kemudian juga
berakibat pada semakin besarnya pangsa pasar dari bisnis tersebut (dan
bahkan sukses merebut konsumen dari pesaing).
Untuk dimensi ketiga (informasi), ini juga merupakan hal penting
karena pelaku bisnis dapat melaksanakan peningkatan kualitas produk yang
mereka tawarkan melalui berbagai informasi yang didapatkan dari analisa
terhadap keinginan pasar secara real-time dan akurat. Hal ini
dikarenakan pemasaran yang dikendalikan berdasarkan informasi sangat
efektif dari segi biaya dan lebih cepat ketimbang metode konvensional.
Selain itu, pemasaran berbasis informasi juga sangat membantu para
pelaku bisnis untuk mencari pasar yang menjadi sasaran utama mereka,
sehingga intelejensi dari sistem pemasarannya akan semakin meninggi dari
waktu ke waktu.
Dan dimensi keempat (teknologi generasi lanjut) berkisar di area
dari teknologi yang dipergunakan untuk pemasaran itu sendiri. Dengan
semakin berlipatnya jumlah saluran dan titik temu untuk interaksi antara
pelaku bisnis dan konsumen, maka dibutuhkan teknologi yang dapat
mempersatukan aspek tradisional, aspek digital, konsumen dan sistem
bisnis secara selaras dan dinamis. Ini tentunya akan berefek pada
konsistensi pengalaman yang dimiliki oleh konsumen dalam melakukan
interaksi dengan pelaku bisnis.
- Robot Manusia
Robot Manusia adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk
berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan
maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid
memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada
pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari
tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid
juga memiliki ‘wajah’, lengkap dengan ‘mata’ dan ‘mulut’. Android
merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai
manusia.
Robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu
pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur dan perilaku tubuh
manusia (biomekanik) agar dapat membangun dan mempelajari robot
humanoid. Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan
pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia
adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar
melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi
dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model
komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus
sepanjang waktu.
- Pekerjaan Teknologi Informasi Bagi Masa Depan
Profesi pertama adalah programmer, dapat dikatakan sebagai peluang
kerja teknik informatika yang paling banyak ditemui. Pada dasarnya,
sarjana lulusan teknik informatika sangat identik dengan kemampuan
pembuatan program. Perangkat lunak pada komputer merupakan program yang
dapat dikembangkan oleh lulusan teknik informatika. Berbagai instansi
membutuhkan programmer handal, misalnya pertelevisian, industri, media,
perbankan, pemerintahan, sekolah, dan masih banyak lagi. Programmer
merupakan salah satu profesi dengan prospek masa depan yang cerah untuk
sarjana teknik informatika.
IT Consultant atau konsultan TI merupakan peluang kerja teknik
informatika selanjutnya yang memiliki prospek baik di masa depan.
Seseorang yang mendalami seluk beluk dunia Teknologi Informasi akan
memahami berbagai teori dan bahasa pemrogaman. Ia juga akan memiliki
kemampuan mumpuni untuk membuat berbagai program komputer yang sangat
canggih. Oleh karena itu, sarjana teknik informatika dapat menggeluti
profesi konsultan TI. Profesi yang satu ini dapat membuat lulusan TI
dapat mengaplikasikan ilmunya secara nyata untuk kemajuan organisasi. Ia
dapat merancang, mengimplementasikan, serta mengevaluasi penerapan
teknologi informasi di dalam suatu organisasi.
Salah satu lowongan kerja TI yang banyak ditawarkan adalah sebagai
web administrator atau web engineer. Perkembangan teknologi informasi
membuat berkembang juga website di dunia maya. Website ini menjadi suatu
media untuk penyampaian informasi melalui internet. Untuk dapat membuat
website, seseorang harus mendalami berbagai rincian teori pemrograman,
yang tentu saja dikuasai oleh sarjana teknik informatika. Profesi web
administrator atau web engineer bertugas untuk merancang website dengan
basis fitur, domain, dan berbagai layanan di dalamnya. Selain itu,
profesi yang menjadi peluang kerja teknik informatika prospektif ini
bertugas untuk mengembangkan dan memelihara website di suatu organisasi.
Untuk profesi keempat adalah system integrator atau system analyts.
Profesi yang satu ini masih berkaitan dengan pemrograman komputer.
Tugas dari seorang system integrator adalah menganalisis suatu sistem
dan program berbasis teknologi informatika yang dimiliki oleh suatu
organisasi atau perusahaan. Setelah melakukan analisis, selanjutnya
seorang system integrator dapat menemukan solusi dari permasalahan
tersbeut. Solusi tersebut berupa pengembangan atau perbaikan dari
perangkat lunak atau software yang dianalisi. Tentunya untuk menjalani
profesi ini seseorang harus memiliki kualifikasi yang tinggi di bidang
teknik informatika. Demikian beberapa peluang kerja teknik informatika
yang sangat menjanjikan dalam hal karir dan gaji.
Contoh Kasus (Robot Manusia)
Dalam kompetisi Robocup terciptalah robot manusia yang diberi nama
Nao. Nao adalah robot humanoid berukuran sedang yang otonom dan dapat
diprogram, yang dikembangkan oleh Aldebaran Robotics, sebuah perusahaan
startup dari Perancis yang berkantor pusat di Paris. Proyek Nao
diluncurkan pada tahun 2004. Pada tanggal 15 Agustus 2007 Nao
menggantikan robot anjing milik Sony yaitu Aibo sebagai robot yang
digunakan dalam kompetisi Liga Platform Standar (LPS) pada Piala dunia
sepak bola robot (Robocup), suatu kompetisi robotika internasional. Nao
sudah digunakan dalam RoboCup 2008 dan 2009, dan NaoV3R terpilih sebagai
platform untuk LPS pada RoboCup 2010.
Nao edisi akademis tersedia untuk universitas dan laboratorium
untuk kepentingan riset dan pendidikan, dan diproyeksikan untuk
didistribusikan kepada publik tahun 2011. Pada bulan Oktober 2010,
University of Tokyo membeli 30 Nao robots untuk Nakamura Lab mereka,
dengan harapan untuk mengembangkan robot tersebut menjadi asisten
laboratorium yang aktif.
Pada musim panas tahun 2010, Nao membuat berita global dengan
melakukan rutin tarian yang disinkronisasi dalam acara Shanghai Expo di
Cina. Di bulan Desember 2010, robot Nao mampu mendemonstrasikan rutin
komedi, dan versi terkini yang telah dirilis memiliki fitur sculpted
arms dam motor yang telah dikembangkan. Nao juga sudah hadir di
Indonesia bersamaan dengan dibukanya World Robotic Explorer, rumah robot
pertama di dunia yang didirikan di Jakarta tanggal 11 Desember 2010.
Sumber : https://bambangeriysite.wordpress.com/2017/01/08/trend-sistem-informasi-dalam-dunia-bisnis/
Komentar
Posting Komentar